Senin, 19 Oktober 2015

Refleksi Ketiga Kuliah Filsafat Ilmu

PERTANYAAN-PERTANYAAN FILSAFAT

Berikut ini merupakan refleksi ketiga kuliah filsafat yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2015. Saat itu, setelah memberikan tes jawab singkat Prof. Marsigit memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan minimal satu pertanyaan. Berikut ini beberapa pertanyaan dari mahasiswa. 

Pertanyaan pertama adalah pertanyaan dari Saudari Evie yaitu  
"Bagaimana sikap pendidikan yang mengajarkan perbedaan?"
Pembahasan:
Dalam berfilsafat terdapat hierarki, yang terdiri dari material, formal, normatif, yang dilingkupi oleh spiritualisme, seperti yang digambarkan pada gambar berikut.













Dari atas ke bawah berarti dari tunggal ke plural, sementara dari bawah ke atas berarti dari plural ke tunggal.
Tunggal disini berarti Tuhan Yang Maha Esa. Dunia terangkum dalam kekuasaanNya. Untuk setiap pertanyaan sebenarnya dapat dijawab dengan "itu kuasa Tuhan", hanya saja jawaban tersebut belum mampu menjelaskan jawaban sebenarnya dari pertanyaan. Hidup di dunia bersifat plural, jangankan orang lain, diri manusia sendiri saja bersifat plural, akan tetapi dari sekian banyak yang plural ada yang berkomitmen untuk menjadi tunggal. Contohnya yaitu Bangsa Indonesia. Bangsa Indoensia terdiri dari banyak suku bangsa. Kendati demikian, suku-suku tersebut melebur menjadi satu yaitu bangsa Indonesia. Oleh karena itu dikenal istilah Bhineka tunggal ika yang artinya walau beraneka ragam tetapi tetap satu jua. 
Secara filsafat, tidak mungkin mengharap orang lain untuk persis seperti kita. Sebagai guru kita tidak dapat mengharap siswa untuk berpikir seperti kita dan membatasi kreativitasnya. Mereka punya cara pikir mereka sendiri-sendiri. Hal yang dapat kita lakukan untuk menghadapinya yaitu dengan cara mensyukuri berbagai macam perbedaan tersebut. Sebisa mungkin guru berusaha untuk memfasilitasi siswa-siswa yang beraneka ragam tersebut dengan alat-alat yang juga beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Pertanyaan kedua adalah pertanyaan dari saya sendiri (Erni) yaitu  
"Adakah kebenaran absolut dalam filsafat?"
Pembahasan:

Filsafat merupakan ilmu untuk mencari kebenaran. Kebenaran absolut berarti kebenaran yang tidak dapat diganggu gugat. Kebenaran ini diturunkan oleh firman Tuhan. Ada kebenaran absolut yang dibuat oleh manusia, hanya saja kebenaran tersebut tidak dapat mengalahkan kebenaran yang berasal dari Tuhan. Kebenaran absolut yg dibuat manusia hanya bersifat konsisten saja, yaitu sesuai dengan kesepakatan. Jika tidak sesuai kesepakatan berarti salah. Kebenaran yang seperti itu tentunya hanya ada di pikiran manusia saja, tidak ada di kehidupan nyata. 

Terkadang saya berpikir, bagaimana dengan manusia-manusia yang tidak mengenal Tuhan? Apakah kebenaran absolut bagi mereka? Bagaimana jalan bagi mereka kembali jika mereka tersesat? Bagi saya sendiri, Tuhan adalah sumber dari segala kebenaran. Jika saya merasa hilang arah, Tuhanlah tempat saya untuk kembali. Untuk orang-orang yang tidak mengenal Tuhan, Prof. Marsigit menjawabnya pada pertanyaan selanjutnya dari Saudari Tyas, yaitu bahwa manusia yang tidak mengenal Tuhan kehiduapannya bersifat linear. Tujuannya jauh ke tak terhingga, sehingga tidak jelaslah arah tujuannya.


 Pertanyaan ketiga yaitu pertanyaan dari Saudari Diana.  
"Bagaimana hubungan filsafat dengan filsafat islam?" 
Pembahasan:
Pertemuan dunia Barat dengan dunia Islam berbagai cara salah satunya yaitu dengan peperangan. Ketika terjadi perang masyarakat banyak yang mengungsi dan banyak juga yang menanamkan sifat dan budayanya, meletakkan landasan peradaban dalam waktu yang lama dengan cara berinteraksi dengan warga lokal. Yunani Kuno merupakan negara dengan kekayaan ilmu pengetahuan yang luar biasa pada zamannya. Banyak filsuf dan ahli-ahli yang melahirkan banyak dokumen dan karya-karya tentang pemikiran-pemikiran mereka seperti Aristoteles dan Plato. Karena adanya serangan dari negara Islam, yaitu melalui Turki, sebagian karya-karya tersebut di bawa ke dunia Islam. Di satu sisi, dunia Barat mengalami fase dunia gelap yaitu pada abad pertengahan dimana kedupan didominasi oleh pengaruh gereja. Semua hal ditetapkan oleh gereja.  Seseorang tidak dapat mengklaim kebenaran dan dokumen-dokumen Yunani Kuno dibakar habis. Ketika terjadi perang lagi dan akhirnya dunia Barat dapat menguasai dunia Timur, ditemukanlah dokumen-dokumen Yunani Kuno yang di negara barat sendiri telah habis dibakar. Dalam hal ini dunia islam menyelamatkan dokumen-dokumen Yunani Kuno tersebut, sehingga karya-karya tersebut dapat dipergunakan dalam berbagai ilmu dewasa ini. Inilah pentingnya bergaul atau berinteraksi, bagaimanapun caranya, baik dengan jalan damai maupun jalan perang. Adapun filsafat barat dan timur sendiri memiliki perbedaan. Seperti halnya adat ketimuran, filsafat timur punya perasaan tahu diri dan sopan santun terhadap ruang dan waktu. Mereka melandaskan ilmu pengetahuan dengan spiritual.


Pertanyaan keempat yaitu pertanyaan dari Saudari Tyas.  

"Dalam hidup, kita harus berikhtiar, apakah kita tidak boleh mengeluh atau punya rasa iri?"
Pembahasan:

Hidup merupakan interaksi dari bermilyar-milyar sumbu yang berpasang-pasangan, misalkan saja baik dengan buruk, sehat dengan sakit, laki-laki dengan perempuan, berdoa dengan berikhtiar, dan lain sebagainya. Manusia dapat dikatakan sukses dalam hidupnya jika dia dapat menginteraksikan baik dan buruk dalam bentuk bagaimana kita memperoleh kebaikan dan mengurangi keburukan. Manusia tidak akan tahu hal yang baik jika tidak pernah berhadapan dengan hal yang buruk. Buruk tidak dihindari tetapi dapat dikelola. Manusia harus dapat menyeimbangkan setiap pasangan-pasangan hal dalam hidupnya agar kehidupannya selaras. 
Dalam hidup kita diwajibkan untuk berdoa sekaligus berusaha. Hanya berdoa saja tanpa ada usaha tentunya kurang baik. JIka hanya berikhtiar saja tanpa berdoa, maka manusia akan kehilangan arah. Berdoa merupakan fenomena siklik. Artinya ujungnya melingkar sehingga manusia tahu darimana asalnya dan mau kemana tujuannya. Tidak berdoa merupakan fenomena linear. Manusia akan kehilangan identitas dan jati  dirinya, berperilaku aneh, melawan hukum alam, tidak percaya tuhan, dan tidak tahu arah tujuannya. Untuk itu, setiap hal dalam hidup kita harus kita selaraskan dan kita seimbangkan. 


1 komentar: